Senin, 05 September 2011
Oleh : Dr. Ir. Sofyan, M. Sc.Eng
Sistem Penilaian:
Kehadiran 10%
Tugas 15%
Kuis 15%
UTS 25%
UAS 35%
Buku Referensi:
Ekonomi Rekayasa oleh Andoyo Gurhabto, 2000, ITB
Investasi oleh William F Shape 1996, Indeks
SNI Biaya Operasi Kendaraan 2000
Study Kelayakan Pembangunan Jalan
Ekonomi Transportasi 2010 HPJI
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan suatu prasarana transportasi, seperti jalan raya, pelabuhan dan lainnya. Kelayakan pembangunan prasaranan transportasi sangat tergantung dari prinsip ekonomi/indikator ekonomi.
Indikator ekonomi :
B/C ≥ 1
NPC > 0
IRR NVP, (+)
Keterangan :
B : Benefits
C : Cost
N : Nett
Adapun tahapan dalam perencanaan jalan adalah sebagai berikut :
Identifikasi
Planning (perencanaan umun)
Study kelayakan, baik secara ekonomi maupun finansial
Detail Engineering Design (DED)
Pelaksanaan
Pemeliharaan
Dua Jenis keuntungan dari pembangunan jalan:
Keuntungan atau manfaat yang dapat dihitung
Keuntungan yang tidak dapat dihitung, contohnya nilai waktu seseorang.
Oleh : Dr. Ir. Sofyan, M. Sc.Eng
Sistem Penilaian:
Kehadiran 10%
Tugas 15%
Kuis 15%
UTS 25%
UAS 35%
Buku Referensi:
Ekonomi Rekayasa oleh Andoyo Gurhabto, 2000, ITB
Investasi oleh William F Shape 1996, Indeks
SNI Biaya Operasi Kendaraan 2000
Study Kelayakan Pembangunan Jalan
Ekonomi Transportasi 2010 HPJI
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan suatu prasarana transportasi, seperti jalan raya, pelabuhan dan lainnya. Kelayakan pembangunan prasaranan transportasi sangat tergantung dari prinsip ekonomi/indikator ekonomi.
Indikator ekonomi :
B/C ≥ 1
NPC > 0
IRR NVP, (+)
Keterangan :
B : Benefits
C : Cost
N : Nett
Adapun tahapan dalam perencanaan jalan adalah sebagai berikut :
Identifikasi
Planning (perencanaan umun)
Study kelayakan, baik secara ekonomi maupun finansial
Detail Engineering Design (DED)
Pelaksanaan
Pemeliharaan
Dua Jenis keuntungan dari pembangunan jalan:
Keuntungan atau manfaat yang dapat dihitung
Keuntungan yang tidak dapat dihitung, contohnya nilai waktu seseorang.
0 comments:
Post a Comment