Tuesday 13 March 2012

Perkenalan Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan

Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan
Kamis, 08 September 2011
Oleh : Dr. Ir. Sofyan, M. Sc.Eng

Sistem Penilaian:
Kehadiran 10%
Kuis 15%
Tugas 10%
UTS 25%
UAS 40%

Buku rujukan:
Principles of Pavement Design, halaman 223-400, 1980, E.J. Yoder dan M.B. Wittzah, John Wiley & Sons Inc
Highway Engineering halaman 410-452, Daud H. Wright, 1996, John Wiley.
Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan Jalan, Tim Transportasi, Ir. Bukhari
Beton Aspal Campuran Panas, Silvia Sukirman, 2003
Rekayasa Struktur dan Perkerasan, Dr. Ir. Djunaidi Kosasi, ITB
AASHTO
ASTM
British Standard
The Asphalt Istitute
The Japan Road

Secara umum, mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari tentang bahan-bahan/material untuk perkerasan jalan.
Tujuan khusus:
Mampu mengenali dan menganalisis material/bahan yang layak digunakan untuk perkerasan jalan raya
Jika ada suatu operasi dimana material/bahan kurang layak, maka dapat dilakukan engineering(rekayasa) untuk mendapatkan material yang baik.
Menganalisis dan mengenali proses pengujian material di laboratorium maupun di lapangan.

Prinsip layer by layer merupakan prinsip pengerjaan perkerasan jalan yang berlapis-lapis. Mulai dari tanah dasar, lapis pondasi bawah, lapis pondasi atas, dan lapis permukaan. Lapisan-lapisan tersebut menerima beban kendaraan kemudian meneruskan atau mendistribusikan beban tersebut ke lapisan di bawahnya (pendistribusian muatan).

0 comments:

Post a Comment